Kepik Bau (Brown Marmorated Stink Bug) - Nature Lovers

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday, June 10, 2019

Kepik Bau (Brown Marmorated Stink Bug)


Pagi ini saya pergi ke hutan kota di Aceh, di hutan kota ini saya banyak menemukan berbagai jenis makhluk kecil, salah satunya adalah kepik.



Nama ilmiah untuk kepik coklat Halyomorpha Halys, dan diklasifikasikan dalam jenis: Metazoa, filum: Arthropoda, subphylum: Uniramia, kelas: Insecta Orde: Hemiptera, sub-komando: heteroptera, dan keluarga: Pentatomidae.

Deskripsi singkat

Kepik-aroma cokelat-lurik memiliki tubuh berbentuk perisai, panjang 12-17 mm, warna coklat tidak beraturan pada bagian atas dan bawah permukaan tubuh perumaan, mengeluarkan bau tidak sedap jika terganggu, ada pita warna terang di dua segmen terakhir yang menyatu antena tak terlihat, sayap belakang yang terletak di bawah sayap depan berbentuk perisai berwarna cokelat gelap. Segmen perut muncul di bagian luar sayap penutup, berwarna coklat bergantian dan coklat muda atau putih. Terdiri dari 5 nimfa instar, sayap belum sepenuhnya berkembang, yang pertama isntar oranye atau merah dan berkumpul di sekitar sekelompok telur, instar kedua sering hitam, warna instar berikutnya menyerupai warna kumbang dewasa. Telur berbentuk seperti tong, dengan diameter 1 mm, putih atau hijau pucat, diletakkan berdampingan di permukaan bawah daun dalam kelompok 20-30 telur.

Biologi dan Siklus Hidup

Kepik-aroma cokelat-lurik di belahan bumi utara muncul di musim semi, betina bertelur kelompok di bagian bawah daun, dapat menghasilkan sebanyak 400 telur selama hidupnya, nimfa mulai makan di instar kedua, mulai berkelompok dan lalu sendirian, di wilayah iklim dingin hanya ada satu generasi dalam setahun, lebih dari beberapa generasi di daerah beriklim lebih hangat. Sumber: Tautan
Ini adalah beberapa gambar yang saya ambil terkait bug kecil ini 






Semua foto ini saya ambil menggunakan kamera ponsel cerdas saya, Xiaomi redmi Note 4, dengan tambahan lensa makro.

No comments:

Post a Comment

Halaman